Minggu, 31 Juli 2011

dewa dewa mitologi yunani

Spoiler for Zeus




Zeus adalah pemimpin dari para dewa, penguasa Olympus. Merupakan dewa iklim dan cuaca. Dalam mitologi, Zeus adalah Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi Dewa Penguasa Lautan, dan Hades yang menjadi Dewa Penguasa Alam Kematian.




Spoiler for Hera




Hera merupakan istri dari Zeus, merupakan dewi pelindung, pernikahan,,pengorbanan dan kesetiaan. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat. Sering ditahtakan dan dimahkotai dengan polos (mahkota berbentuk silinder tinggi), yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi-dewi besar.



Spoiler for Poseidon





Poseidon adalah dewa penguasa LAUT. Keren yah gmbarny 



Spoiler for Ares





Ares adalah dewa perang dan pembantaian.. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Ia memiliki 2 pengawal yaitu Phobos dan Deimos. Nama Mars menjadi salah satu planet yang dekat bumi dan memiliki 2 bulan, yang dinamai sesuai nama pengawalnya: Phobos dan Deimos. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.



Spoiler for Hermes



Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebagai Mercurius. Ciri fisiknya adalah tubuh yang mungil yang selalu mengenakan topi bersayap dan juga sandal bersayap. Ia sangat cepat dalam berkata-kata dan juga berlari. Ia merupakan dewa penolong bagi Odiseus ketika terjebak pada sebuah pulau.



Spoiler for Hefestus




Hefestus (Yunani: Ἡφαιστος Hêphaistos), dikenal dengan nama Vulkan di mitologi Romawi. Ia adalah putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Ia adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata. Hefestus disembah di semua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena. Walaupun bengkelnya terletak di pulau Lemnos, Hefestus dikaitkan dengan Gunung Etna oleh orang Sisilia.



Spoiler for Aphrodite





Aphrodite adalah Dewi Cinta, sex dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Ia dilahirkan dari buih di laut yang berasal dari sperma Zeus. Aphrodite menikah dengan Hefestus dan memiliki seorang putra, Eros yang menjadi Dewa Asmara. Aphrodite juga diceritakan berselingkuh dengan Ares, Dewa Perang.



Spoiler for Athena


Add caption
[img]http://z.about.com/d/atheism/1/0/_/R/Athena01-l.jpg[.img]

Athena adalah dewi kebijaksanaan, dewi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan, strategi, dan perang.ilmu pengetahuan, adik dari Ares sang dewa perang. Athena terkenal akan belas kasihannya pada manusia saat para dewa yang sewenang-wenang berkuasa. Dia pernah membunuh Medusa dan meletakkan kepalanya pada sebuah perisai yang dinamakan "Perisai Aegis" sebuah perisai yang menurut mitos sangat kuat.



Spoiler for Apollo



Apollo adalah Dewa cahaya, musik, pepanah, pengobatan, dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi.a mempunyai busur yang terbuat dari perak. Ia berkuasa sesudah ayahnya, Zeus. Apollo dengan Artemis diangkat ke Olympus dan menjadikan kedua dewa - dewi penghuni Olympus dengan memberi mereka ambrosia dan nectar. Berarti Apollo juga merupakan dewa terbesar di mitologi Yunani.



Spoiler for Artemis




Artemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudara kembara Apollo. Artemis merupakan dewi hutan dan perbukitan, digambarkan selalu membawa busur dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya.



Spoiler for Demeter




Demeter dalam mitologi Yunani merupakan sebutan untuk dewi kesuburan. Konon, Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea yang sewaktu bayi sempat ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoid ayahnya. Keunikan dari Demeter adalah kecintaannya dalam mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Di rambut Demeter terdapat jalinan dari bulir-bulir padi yang menunjukkan identitasnya sebagai dewi kesuburan.



Spoiler for hestia



Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.



Spoiler for Hades






Hades (dari kata Yunani ᾍδης, Hadēs, atau Ἅιδης, Háidēs) adalah dewa kematian atau dewa neraka dalam Mitologi Yunani. Hades juga dikenal dengan nama Pluto (Πλούτων, Plouton) dalam Mitologi Romawi. Karakter Hades sering digambarkan bersama anjing berkepala tiga bernama Cerberus di dunia bawah tanah (neraka).



Spoiler for helios



Helios, personifikasi dari "matahari" (Hêlios or Helius) adalah Dewa Matahari dalam mitologi Yunani. Helios adalah putra dari Titan Hyperion dan Theia dan kakak dari Eos "fajar" dan Selene "bulan".
Helios digambarkan sebagai seorang dewa dengan mahkota cahaya matahari yang bersinar. Setiap pagi ia terbang melintasi langit dengan keretanya yang dijalankan oleh empat ekor kuda, dan kembali ke Kerajaan Emas, istananya yang dibangun oleh Hephaestus, setelah seharian melintasi langit.



Spoiler for Eros



Eros merupakan sebuah kata dari bahasa Yunani yang berarti cinta berdasarkan hawa nafsu saja. Kata turunan adalah 'erotis'.

Dalam mitologi Yunani, Eros diceritakan sebagai anak dari Aphrodite, dewi kecantikan (Venus dalam bahasa Romawi). Dalam kepercayaan Romawi, Eros juga disebut Kupid atau Cupido, dan dilambangkan dengan anak kecil bersayap yang selalu membawa busur dan anak panah. Ada sebuah cerita yang mengatakan Eros bahkan memiliki hubungan antar pria dan wanita dengan ibunya sendiri.
Eros membantu manusia maupun dewa dalam urusan percintaan. Anak panahnya tidak akan meleset, hati yang tertembus olehnya akan dipenuhi oleh cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar